Posts Subscribe to InFoGauLComments

Online bookmark Bookmark

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


1. Topik permasalahan/
pokok bahasan : Kaidah ajaran agama Islam
2. Bidang bimbingan : Pribadi
3. Jenis layanan : Layanan pembelajaran
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : Menyakini kaidah ajaran agama
6. Indikator : a. Menjalanakan perintah-Nya
b. Menjahui larangan-Nya
7. Strategi : a. Penyajian informasi tentang ajaran agama Islam
b. Melaksanakan tugas
8. Diskripsi materi : Pokok-pokok keyakinan ajaran agama
9. Sasaran layanan/ semester : Kelas IX/ ganjil
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
11. Waktu penyelenggaraan : Juli, Minggu ke 5
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan : Guru agama
14. Alat perlengkapan
yang digunakan : CD
15. Rencana penilaian : Penilaian jangka pendek dan jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini : Layanan informasi
dengan layanan/ kegiatan lain
17. Catatan khusus :


Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


1. Topik permasalahan/
pokok bahasan : Memahami pola hidup sederhana yang sehat
2. Bidang bimbingan : Pribadi
3. Jenis layanan : Layanan informasi
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : Memahami pola hidup sehat
6. Indikator : a. Mengenal pola hidup sederhana yang sehat
b. Memiliki kebiasaan hidup sehat dan positif
7. Strategi : a. Penyajian informasi tentang pola hidup sehat
8. Diskripsi materi : a. Pentingnya pola hidup sederhana yang sehat bagi setiap orang
b. Gambaran pola hidup sederhana yang sehat
9. Sasaran layanan/ semester : Kelas IX/ ganjil
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
11. Waktu penyelenggaraan : Agustus, Minggu ke 2
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan : Guru pendidikan jasmani
14. Alat perlengkapan yang
digunakan : Buku-buku 4 sehat 5 sempurana
15. Rencana penilaian : Penilaian jangka pendek dan jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini : Layanan pembelajaran
dengan layanan/ kegiatan lain
17. Catatan khusus : Makan bersama


Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..


SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


1. Topik permasalahan/
pokok bahasan : Memahami pola hidup sehat
2. Bidang bimbingan : Pribadi
3. Jenis layanan : Layanan informasi
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : Menjalanknan pola hidup sehat
6. Indikator : Berminat untuk berlatih hidup sehat
7. Strategi : a. Dialog
b. Menjalankan tugas
8. Diskripsi materi : a. Cara-cara mengembangkan kondisi hidup sehat
b. Praktek cara-cara mengupayakan pengembangan kondisi hidup sehat
9. Sasaran layanan/ semester : Kelas IX/ ganjil
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
11. Waktu penyelenggaraan : Agustus, Minggu ke 3
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan : Guru pendidikan jasmani
14. Alat perlengkapan yang
digunakan : Buku-buku 4 sehat 5 sempurana
15. Rencana penilaian : Penilaian jangka pendek dan jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini : Layanan pembelajaran
dengan layanan/ kegiatan lain
17. Catatan khusus : Berolah raga secara teratur

Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..


SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


1. Topik permasalahan/
pokok bahasan : Mengetahui macam-macam seni
2. Bidang bimbingan : Pribadi
3. Jenis layanan : Layanan orientasi
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : memahami arah apresiasi seni
6. Indikator : a. Mengenal berbagai apresiasi seni
b. Memilih apresiasi seni yang sesuai
7. Strategi : Melaksanakan apresiasi seni
8. Diskripsi materi : Mengidentifikasikan arah apresiasi seni (senirupa, seni lukis, seni sastra, seni suara)
9. Sasaran layanan/ semester : Kelas IX/ ganjil
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
11. Waktu penyelenggaraan : Agustus, Minggu ke 5
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan : Guru kertangkes
14. Alat perlengkapan yang
Digunakan : Kaset lagu-lagu
15. Rencana penilaian : Penilaian jangka pendek dan jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini : Layanan informasi
dengan layanan/ kegiatan lain
17. Catatan khusus :

Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..



SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


1. Topik permasalahan/ : Pengaruh positif dan negatif dalam apresiasi
Pokok bahasan seni
2. Bidang bimbingan : Sosial
3. Jenis layanan : Layanan informasi
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : Memahami aspek-aspek sosial dalam apresiasi seni
6. Indikator : Mengenal aspek-aspek sosial dalam apresiasi seni
7. Strategi : Penyajian informasi tentang aspek-aspek sosial dalam apresiasi seni
8. Diskripsi materi : Conto-contoh aspek-aspek sosial dalam apresiasi seni
9. Sasaran layanan/ semester : Kelas IX/ ganjil
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
11. Waktu penyelenggaraan : September, Minggu ke 1
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan : Guru kertangkes
14. Alat perlengkapan yang
digunakan : CD
15. Rencana penilaian : Penilaian jangka pendek dan jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini : Layanan orientasi
dengan layanan/ kegiatan lain
17. Catatan khusus :

Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..



SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


1. Topik permasalahan/
Pokok bahasan : Pengaruh positif terhadap kegiatan belajar
2. Bidang bimbingan : Belajar
3. Jenis layanan : Layanan informasi
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : Memahami pengaruh positif apresiasi seni terhadap kegiatan belajar
6. Indikator : Menggali pengaruh apresiasi seni terhadap kegiatan belajar
7. Strategi : Penyajian informasi tentang pengaruh apresiasi seni terhadap kegiatan belajar
8. Diskripsi materi : a. Contoh-contoh pengaruh positif apresiasi seni terhadap kegiatan belajar
b. Cara-cara dan penerapan apresiasi seni terhadap kegiatan belajar
9. Sasaran layanan/ semester : Kelas IX/ ganjil
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
11. Waktu penyelenggaraan : September, Minggu ke 3
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan : Guru kertangkes
14. Alat perlengkapan yang
digunakan : CD
15. Rencana penilaian : Penilaian segera dan penilaian jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini : Layanan pembelajaran
dengan layanan/ kegiatan lain
17. Catatan khusus :

Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


1. Topik permasalahan/
Pokok bahasan : Hubungan berbagai jenis karir dan bidang seni
2. Bidang bimbingan : Karir
3. Jenis layanan : Layanan informasi
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : Mampu mengapresiasikan berbagai jenis karir dan bidang seni
6. Indikator : Mengklasifikasikan jenis karir dan bidang seni
7. Strategi : a. Penyajian informasi berbagai jenis dan bidang seni
b. Melaksanakan tugas
8. Diskripsi materi : Mengidentifikasikan apresiasi jenis karir termasuk karir dalam bidang seni
9. Sasaran layanan/ semester : Kelas IX/ ganjil
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
11. Waktu penyelenggaraan : September, Minggu ke 5
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan : Guru kertangkes
14. Alat perlengkapan yang
digunakan : CD
15. Rencana penilaian : Penilaian jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini : Layanan pembelajaran
dengan layanan/ kegiatan lain
17. Catatan khusus :
Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..


SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

1. Topik permasalahan
/pokok bahasan : Peranan dalam bermasyarakat dapat menunjang karir
2. Bidang bimbingan : Pribadi
3. Jenis layanan : Layanan pembelajaran
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : Memiliki kesadaran dan dorongan untuk mempersiapkan karir yang cocok bagi dirinya dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.
6. Indikator : Melaksanakan persiapan karir yang cocok bagi dirinya dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.
7. Strategi : Penyajian informasi tentang karir
8. Deskripsi materi : Memotivasi dan semangat untuk mempersiapkan arah karir yang cocok dan berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat.
9. Sasaran layanan /semester : Kelas IX /genap
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
11. Waktu penyelenggaraan : Pebruari, minggu ke 2
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan : Organisasi masyarakat
14. Alat perlengkapan
yang digunakan :
15. Rencana penilaian : Penilaian jangka pendek dan jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini
dengan layanan /kegiatan lain : Layanan informasi
17. Catatan khusus :

Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..


SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

1. Topik permasalahan
/pokok bahasan : Belajar bersosialisasi dalam mempersiapkan karir
2. Bidang bimbingan : Sosial
3. Jenis layanan : Layanan informasi
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : Memahami dan mewujudkan aspek-aspek sosial dalam mempersiapkan karir.
6. Indikator : Menerapkan aspek-aspek sosial dalam mempersiapkan karir
7. Strategi : Dialog
8. Deskripsi materi : a. Contoh-contoh aspek-aspek sosial dalam mempersiapkan karir
b. Pengembangan penguasaan aspek-aspek sosial dalam mempersiapkan karir
9. Sasaran layanan /semester : Kelas IX /genap
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
11. Waktu penyelenggaraan : Pebruari, minggu ke 5
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan : Guru budi pekerti
14. Alat perlengkapan
yang digunakan :
15. Rencana penilaian : Penilaian jangka pendek dan jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini
Dengan layanan /kegiatan lain : Layanan pembelajaran
17. Catatan khusus :
Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..



SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

1. Topik permasalahan
/pokok bahasan : Hubungan sosial dalam masyarakat dapat mempengaruhi studi lanjut
2. Bidang bimbingan : Sosial
3. Jenis layanan : Layanan informasi
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : Memahami dan mewujudkan aspek-aspek sosial dan upaya melanjutkan karir
6. Indikator : Menentukan aspek-aspek sosial dan upaya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
7. Strategi : Penyajian informasi mewujudkan aspek-aspek sosial dan upaya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
8. Deskripsi materi : Contoh-contoh aspek-aspek sosial dan upaya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
9. Sasaran layanan /semester : Kelas IX /genap
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
11. Waktu penyelenggaraan : Maret, minggu ke 1
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan : SMA, SMEA, STM
14. Alat perlengkapan
yang digunakan : Brosur
15. Rencana penilaian : Penilaian jangka pendek dan jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini
Dengan layanan /kegiatan lain : Layanan pembelajaran
17. Catatan khusus :
Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

1. Topik permasalahan
/pokok bahasan : Meyiapkan belajar secara optimal untuk menghadapi studi lanjut
2. Bidang bimbingan : Belajar
3. Jenis layanan : Layanan pembelajaran
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : Mampu belajar secara optimal untuk menguasai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut.
6. Indikator : Menerapkan sistem belajar secara optimal untuk menguasai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut.
7. Strategi : Penyajian informasi tentang belajar secara optimal untuk menguasai bekal.
8. Deskripsi materi : Praktek pengembangan sikap kebiasaan untuk menguasai bekal bagi program pelajaran lebih lanjut.
9. Sasaran layanan /semester : Kelas IX /genap
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas, perpustakaan
11. Waktu penyelenggaraan : Maret, minggu ke 2
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan : Petugas perpustakaan
14. Alat perlengkapan
yang digunakan : Buku-buku perpustakaan
15. Rencana penilaian : Penilaian jangka pendek dan jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini
Dengan layanan /kegiatan lain : Layanan informasi
17. Catatan khusus :
Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

1. Topik permasalahan
/pokok bahasan : Berperanan aktif dalam kehidupan bermasyarakat untuk mengembangkan karir
2. Bidang bimbingan : Karir
3. Jenis layanan : Layanan informasi
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : Mampu menyelenggarakan peranan dalam kehidupan masyarakat untuk pengembangan karir
6. Indikator : Menyesuaikan peranan dalam kehidupan masyarakat untuk pengembangan karir
7. Strategi : Melaksanakan tugas
8. Deskripsi materi : Identifikasi pilihan pengembangan persiapan karir yang diinginkan.
9. Sasaran layanan /semester : Kelas IX /genap
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
11. Waktu penyelenggaraan : Maret, minggu ke 3
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan :
14. Alat perlengkapan
yang digunakan :
15. Rencana penilaian : Penilaian jangka pendek dan jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini
Dengan layanan /kegiatan lain : Layanan pembelajaran
17. Catatan khusus :

Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..





SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

1. Topik permasalahan
/pokok bahasan : Kesadaran dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial dan ekonomi
2. Bidang bimbingan : Pribadi
3. Jenis layanan : Layanan informasi
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : Memiliki kesadaran dan dorongan untuk melaksanakan sikap dasar dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial dan ekonomi
6. Indikator : Menerapkan sikap sadar dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial dan ekonomi
7. Strategi : Melaksanakan tugas
8. Deskripsi materi : Motivasi untuk melaksanakan sikap dasar dalam kehidupan mandiri secara emosional, sosial dan ekonomi
9. Sasaran layanan /semester : Kelas IX /genap
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
11. Waktu penyelenggaraan : Maret, minggu ke 4
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan : Guru IPS
14. Alat perlengkapan
yang digunakan :
15. Rencana penilaian : Penilaian jangka pendek dan jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini
Dengan layanan /kegiatan lain : Layanan pembelajaran
17. Catatan khusus :


Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..

SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

1. Topik permasalahan
/pokok bahasan : Menerapkan sistem etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir
2. Bidang bimbingan : Karir
3. Jenis layanan : Layanan informasi
4. Fungsi layanan : Fungsi pemahaman
5. Kompetensi dasar : Memahami penerapan sistem etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir
6. Indikator : Melaksanakan sistem etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir
7. Strategi : Penyajian informasi tentang sistem etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir
8. Deskripsi materi : Contoh-contoh penerapan sistem etika dan nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir
9. Sasaran layanan /semester : Kelas IX /genap
10. Tempat penyelenggaraan : Ruang kelas
11. Waktu penyelenggaraan : April, minggu ke 1
12. Penyelenggara layanan : Guru pembimbing
13. Pihak-pihak yang dilibatkan : Guru budi pekerti
14. Alat perlengkapan
yang digunakan :
15. Rencana penilaian : Penilaian segera dan jangka panjang
16. Keterkaitan layanan ini
Dengan layanan /kegiatan lain : Layanan pembelajaran
17. Catatan khusus :


Mengetahui,
Guru Pamong


…………………..
NIP. …………….. Mataram,……………
Praktikan


……………………………..

0 komentar:

Posting Komentar